Ini 15 Herbal Alami untuk Meredakan Batuk

Posted on

Herbal untuk Panu

Batuk adalah cara alami tubuh manusia untuk merespon apabila saluran udara di belakang kerongkongan teriritasi. Iritasi bisa terjadi karena bakteri, virus, atau reaksi alergi, ataupun zat asing, seperti debu dan lendir. Iritasi ini selanjutnya memaksa paru-paru untuk mengeluarkan udara dengan tekanan yang tinggi. Batuk digunakan oleh tubuh manusia untuk membantu membersihkan paru-paru dan saluran udara. Selain itu abatuk juga bisa timbul karena flu. Virus flu menyebabkan peradangan pada saluran pernafasan sehingga memicu tubuh untuk memproduksi lendir di saluran pernafasan.

Untuk meredakan batuk bisa menggunakan obat obatan medis yang bersifat kimiawi tetapi bisa juga menggunakan obat obatan alami yang berupa herbal. Berikut beberapa herbal yang bisa bermanfaat meredakan batuk.

Bawang Putih
Bawang putih mengandung vitamin, allicin, dan mineral serta asam amino yang diyakini bisa mengobati infeksi, radang, pilek serta masalah pencernaan. Bawang putih memang tidak memiliki manfaat khusus untuk batuk, tapi bisa mencegah infeksi sekunder yang menyebabkan batuk, seperti bronkitis atau pneumonia. Sebuah jurnal penelitian Advances in Therapy membuktikan bahwa makan bawang putih mentah bisa meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus sehingga bisa meredakan gejala batuk.

Kencur
Kencur berkhasiat meredakan batuk berdahak. Berikut cara obat batuk dari kencur. Parut kencur, lalu peras dan ambil airnya. Tambahkan sedikit air untuk mengurangi rasa pedasnya. Aduk rata dengan ditambah sedikit garam. Minum ramuan kencur ini pada pagi hari dan sebelum tidur.

Daun Thyme
Daun thyme mengandung senyawa antioksidan flavonoid yang bisa mengendurkan otot tenggorokan dan mengurangi peradangan.

Untuk menggunakannya seduh 2 sendok teh daun thyme kering dengan secangkir air panas. Aduk rata dan tunggu beberapa menit sebelum disaring. Minum ramuan thyme saat masih hangat.

Tebu
Kandungan alami dalam tebu ternyata bermanfaat untuk mengobati penyakit batuk. Gunakan air perasan tebu yang alami dan bersih. Jangan gunakan es tebu yang dibeli dipinggir jalan.

Daun Mint
Daun mint mengandung menthol alami yang bisa membantu melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat. Caranya sangat mudah yaitu dengan mencampur beberapa tetes minyak atsiri daun mint dalam secangkir air panas. Hirup uap campuran minyak daun mint tersebut.

Biji Selasih
Selain sebagai minuman ternyata biji selasih sebagai obat untuk meredakan batuk. Anda bisa mengonsumsi biji ini dalam rangka menyembuhkan batuk, baik itu batuk berdahak maupun batuk tidak berdahak. Konon biji selasih memiliki antispasmodik yang sangat membantu mengobati batuk rejan. Biji ini sering digunakan sebagai pengencer dahal Cara penggunaannya adalah dengan dicampur teh pansa/hangat.

Daun Miana
Daun miana berkhasiat untuk meredakan gejala batuk. Cara penggunaanya cukup dengan merebus daun miana dan minum air rebusannya.

Bawang Merah
Bawang merah bisa meredakan batuk berdahak. Caranya adalah tumbuk bawang merah yang sebanyak satu siung. Lalu seduh dengan air panas 50 cc. Tambahkan sedikit garam. Kemudian saring dan minum saat mau tidur.

Bunga Sepatu
Ambil tiga kuntum bunga sepatu kemudian tumbuk sampai halus, tambahkan air hangat, lalu diperas airnya dan diminum.

Kapulaga, Cengkih dan Jahe
Siapkan 5 biji kapulaga, tambahkan 3 butir cengkih. Rebus dengan dua gelas air. Tambahkan jahe bila diinginkan. Biarkan dingin sebelum diminum.

Buah Anggur
Buah anggur diyakini bisa mengobati batuk. Cara penggunaannya adalah dengan meminum air perasan buah anggur tersbut.

Daun Buah Mangga
Daun buah mangga juga diyakini bisa meredakan batuk. Cara menggunakannya adalah dengan merebus daun mangga dan meminum arir rebusannya.

Buah Nanas
Buah Nanas mengandung bromelain yang bisa meredakan peradangan. Dengan begitu bisa membantu meredakan batuk.Cukup makan langsung buah nanas atau minum jus nanas segar 2-3 kali sehari.

Itulah bahan bahan alami yang berkhasiat meredakan batuk. Informasi ini adalah untuk pengetahuan kita. Tetap konsultasikan dengan dokter Anda jika gejala sakit terus berlanjut.

Disarikan oleh ayosehat.net

(Visited 4 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − eight =