5 Fakta manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh

Posted on

manfaat buah salak

Salak adalah buah asli Nusantara yang juga tumbuh di Asia tenggara seperti Malaysia, Thailanda dan Vietnam. Salak disebut sebagai buah ular (snake fruit) oleh orang barat karena kulitnya mirip sisik ular. Salak di negara kita sangat digemari karena rasanya yang manisa dan teksturnya renyah.

Salak bisa dikonsumsi langsung atau dibuat manisan. Sudah jamak dipercaya bahwa salak dituding bisa menyebabkan sembelit atau susah buang air besar (BAB). Padahal, salak mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan kitaTernyata buah salak yang bisa menyebabkan sembelit hanyalah mitos. Makan salak malah bisa melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan. Malah ternyata tidak hanya dagingnya saja yang bernutrisi tetapi kulit ari salak juga sama mengandung nutrisi yang baik buat pencernaan.

Sembelit atau susah BAB sendiri tidak disebabkan oleh konsumsi buah-buahan. Sembelit bisa disebabkan karena konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dan gula, kurang asupan serat, dan kurang konsumsi minum air, serta minuman beralkohol dan berkafein.

Untuk mengetahuinya sebaiknya kita lihat apa saja yang terkandung dalam buah salak.

Kaya akan serat
Buah salah mengandung serat yang tinggi sehingga bisa memperlancar bab dan mengatasi sembelit. Serat akan mengikat air dalam tinja dan menambah volume tinja sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Kaya akan tanin
Tanin adalah senyawa polifenol yang berfungsi sebagai antimikroba alami dalam usus. Karena itu tanin bisa digunakan sebagai obat diare alami.

Sumber antioksidan
Penelitian membuktikan bahwa salak ternyata mengandung antioksidan. Antioksidan berperan penting dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh kerusakan sel-sel dalam tubuh. Misalnya kanker dan berbagai jenis infeksi. Antioksidan juga penting untuk memelihara kesehatan kulit dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Kaya zat besi dan kalsium
Daging Salak mengandung zat besi dan kalsium. Kedua mineral ini baik untuk menjaga massa dan kekuatan tulang, memperkuat sendi dan otot, mengatur kekentalan darah, serta meningkatkan fungsi saraf di seluruh tubuh.

Mengandung vitamin C
Salak juga mengandung sumber vitamin C. Vitamin C berfungsi untuk memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang rusak.

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 3 =