Connect with us

Harus Tahu ! Manfaat, Kandungan dan Efek Samping Glukosamin.

INFO OBAT

Harus Tahu ! Manfaat, Kandungan dan Efek Samping Glukosamin.

Pengobatan Kanker Payudara

Apakah glukosamin itu?
Glukosamin sebenarnya bisa dibentuk secara alami oleh tubuh yang diperlukan dalam membangun jaringan tubuh, yang disebut dengan glikosaminoglikans. Yaitu adalah senyawa yang banyak ditemukan sebagai pembentuk bantalan sendi yang berupa tulang rawan. Di alam glukosamin banyak ditemukan dalam cangkang udang dan golongan krustasea seperti kepiting, lobster dan rajungan. Sebagian besar glukosamin yang diproduksi dalam bentuk ekstrak terbuat dari cangkang udang, lobster, dan kepiting.

Manfaat Glukosamin
Glukosamin adalah salah satu pembentuk tulang rawan bersama dengan kondroitin. Karena itu glukosamin sering digunakan untuk mengobati keluhan nyeri sendi. Nyeri sendi bisa disebabkan banyak hal salah satunya adalah karena penipisan tulang rawan sehingga dibutuhkan cukup glukosamin untuk membentuk kembali tulang rawan yang rusak.

Apa peranan glukosamin?
Seperti yang sudah ditulis di atas, glukosamin berguna untuk membantu mengurangi radang sendi atau osteoarthritis. Osteoarthritis adalah penyakit degenerasi tulang rawan dalam sendi. Artinya tulang rawan sebagai bantalan sendi mengalami kerusakan,penipisan atau keausan. Kondisi tersebut muncul akibat proses penuaan yang gejalanya antara lain  nyeri, kaku, sulit bergerak, dan ada pembengkakan. Studi klinis telah menunjukkan bahwa penggunaan 1500 mg glukosamin setiap hari dapat membantu mengatasi degenerasi tulang rawan sehingga mengurangi keluhan nyeri, kaku dan sulit bergerak.

Bagaimana cara kerja glukosamin ?
Seiring dengan proses penuaan, kemampuan seseorang untuk memproduksi jumlah glukosamin yang cukup di dalam tubuhnya akan cenderung menurun. Glukosamin merangsang tubuh untuk menghasilkan glikosaminoglikans yaitu salah satu komponen penyusun tulang rawan. Glukosamin juga memiliki peranan dalam memproduksi komponen lain penyusun jaringan sendi seperti tendon dan cairan synovial. Selain itu, glukosamin juga dapat merangsang produksi asam hialuronat yang membantu pelumasan kapsul sendi dengan cairan synovial yang berperan sebagai peredam guncangan.

Efek samping Glukosamin
Karena secara ilmiah glukosamin adalah sejenis gula banyak pihak yang mengkhawatirkan terapi glukosamin bisa berbahaya bagi penderita diabetes. Mengutip dari Mayo Clinic,  tampaknya glukosamin tidak mempengaruhi kadar gula darah atau sensitivitas insulin. Beberapa penelitian awal memang menyebutkan bahwa glukosamin mungkin meningkatkan resistensi insulin yang dapat berkontribusi untuk meningkatkan gula darah pada penderita diabetes. Tetapi studi selanjutnya menyanggah temuan ini. Glukosamin tampaknya tidak mempengaruhi kadar glukosa atau sensitivitas insulin.

Sama pentingnya dengan suplemen makanan apa pun, bicarakan dengan dokter Anda sebelum menambahkan glukosamin sebagai suplemen harian Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 3 =

More in INFO OBAT

To Top