Ini 7 Ramuan Alami untuk Menghilangkan Panu

Posted on

Herbal untuk Panu

Panu adalah salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur Malassezia furfur. Penyakit panu banyak dijumpai di daerah tropis. Panu berbentuk bercak bercak putih kadang disertai dengan rasa gatal pada kulit. Pada orang yang kulitnya lebih gelap panu lebih terlihat. Panu rawan muncul pada area leher, dada, ketiak, wajah,lengan, punggung, perut, bahkan tangan.

Penderita panu biasanya kan sangat malu karena banyak yang berpendapat panu akan tumbuh subur pada orang yang kurang menjaga kebersihan tubuhnya.

Selain itu panu juga dapat tumbuh di tubuh kita karena beberapa faktor, diantaranya Jenis kulit yang berminyak, tinggal di lingkungan yang lembab dan panas,produksi keringat yang berlebihan.daya tahan tubuh yang rendah

Panu bukan penyakit yang berbahaya dan relatif mudah diobati. Biasanya kita menggunakan bahan bahan kimiawi tetapi obat panu alami juga banyak tersedia. Bahan alami terbukti bisa membersihkan  kulit anda dari penyakit panu dan penyakit kulit lainnya tanpa efek samping,

Obat panu dari bahan alami :

Kunyit

Kunyit adalah rizoma atau akar akaran yang mengandung sifat antiseptik, antibiotik, dan antijamur yang berkhasiat mengobati panu dan mencegah tumbuhnya jamur. Kunyit bisa digunakan dalam bentuk bubuk siap pakai dan dicampur dengan air hingga menjadi berbentuk krim. Atau bisa juga menggunakan kunyit segar yang ditumbuk halus. Oleskan krim kunyit ke tempat dimana kulit terkena panu dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

Lidah buaya

Lidah buaya adalah tumbuhan memiliki sifat anti jamur dan antiradang yang kuat, untuk membantu melawan jamur dan meredakan peradangannya yang membuat kulit gatal. Lidah buaya juga dapat mempercepat penyembuhan kulit yang rusak. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan langsung daging lidah buaya yang berbentuk gel ke kulit yang berpanu. Cara lainnya adalah dengan mencampurkan gel lidah buaya dengan beberapa tetes minyak zaitun atau minyak kelapa. Gunakan ramuan di atas secara rutin sebanyak dua atau tiga kali sehari sampai panu hilang.

Cuka Apel

Cuka apel merupakan bahan herbal alami yang mempunyai kandungan antimikroba yang sangat efektif menghentikan pertumbuhan jamur yang menyebabkan infeksi. Sifat asam cuka apel juga diyakini mampu mencegah penyebaran infeksi dan mempercepat penyembuhan.

Ini cara membuat cuka apel untuk mengobati panu : Campurkan cuka apel ke dalam air hangat dengan perbandingan 1:1. Kemudian oleskan pada permukaan kulit yang terkena panu. Biarkan sampai kering, kemudian bilas dengan air hangat.

Minyak pohon teh

Sebuah jurnal ilmiah  menyebutkan bahwa minyak pohon teh ternyata mengandung anti jamur untuk mencegah perkembangan jamur dan meredakan gatal. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan langsung pada kulit atau dicampurkan bersama minyak zaitun atau minyak kelapa. Kemudian oleskan pada kulit yang terkena panu. Biarkan sampai kering, kemudian bilas dengan air hangat.

Minyak Zaitun

Campurkan minyak zaitu dengan madu. Penelitian membuktikan bahwa campuran dari madu dan minyak zaitun dapat mengobati panu karena mengandung anti bakteri dan anti jamur. Oleskan ramuan ini tiga kali sehari ke kulit yang berpanu. Ulangi sampai benar benar sembuh.

Minyak Kelapa

Adanya kandungan asam lemak rantai sedang membuat bahan ini menyembuhkan infeksi jamur di kulit.

Cara membuat ramuan minyak kelapa ini yaitu gosok perlahan minyak kelapa ke area yang terkena infeksi panu dan biarkan mengering sendiri, pengolesan dapat dilakukan dua sampai tiga kali sehari hingga panu menghilang.

Yogurt

Yogurt adalah bahan alami yang mengandung probiotik yang dapat mencegah pertumbuhan jamur

Cara membuat ramuannya yaitu : Rendam kapas dengan yogurt murni dan oleskan di daerah yang terinfeksi panu, biarkan selama setengah jam kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi dua sampai tiga kali sehari hingga panu menghilang.

 

(Visited 6 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − twelve =