Ini 7 obat kumur alami untuk menghilangkan bau mulut

Posted on

manfaat buah salak

Bau mulut merupakan hal yang sangat mengganggu aktifitas. Apalagiu bila kita sering berjumpa dan berkomunikasi dengan orang banyak. Tidak hanya menjadikan orang lain tidak nyaman tetapi juga membuat citra diri kita menjadi kurang baik.

Bau mulut bisa terjadi karena banyaknya bakteri dalam mulut kita. Sebenarnya bakteri tersebut seharusnya tidak terlalu menggangu tetapi kalau bakteri terlalu banyak dalam rongga mulut akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Hal tersebut bisa terjadi karena kurang bersihnya rongga mulut, kurang minum atau ada iritasi atau radang di dalam rongga mulut atau gigi.

Untuk mengatasinya sebenarnya cukup dengan berkumur atau dengan memperbanyak minum. Tetapi hal tersebut seringkali kurang membantu sehingga kita sering kali mengatasi bauy mulut dengan mengunyah permen. Padahal permen banyak mengandung gula yang pada akhirnya memperparah bau mulut.

Ada cara yang lebih efektif untuk mengusir bau mulut. Pertama yaitu selalu jaga kebersihan rongga mulut, hindari merokok dan minuman beralkohol. Selanjutnya bisa berkumur dengan ramuan alami berikut ini.

Daun Sirih
Masyarakat kita sudah sangat lama mnggunang sirih sebagai bahan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Biasanya dipakai untuk menginang. Sirih memang terkenal sebagai disinfektan atau antibakteri alami yang cukup kuat. Cara membuat ramuannya adalah: Ambil dan cuci bersih beberapa lembar daun sirih kemudian rebus dengan segelas air. Setelah dingin, gunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur. Segelas air rebusan daun sirih bisa digunakan untuk satu hari pagi dan sore.

Cengkih
Cengkih sangat terkenal memiliki zat antibakteri dan eugenol. Eugenol adalah salah satu unsur untuk pembuatan parfum, pencuci hama dan obat bius lokal. Karena kandungan tersebut cengkeh sangat cocok untuk ramuan anti bau mulut. Selain dapat mengurangi bakteri dalam mulut juga bisa mengurangi bau tidak sedap.
Cara membuat ramuannya adalah : ambil 5 biji bunga cengkih. Seduh dengan air panas secukupnya. Setelah dingin, gunakan air ini untuk berkumur. Atau bisa juga dengan menggunakan bubuk cengkih kering. Seduh bubuk cengkih dalam segelas air hangat. Gunakan air seduhan bubuk cengkih untuk berkumur.

Kayu Manis
Kayu Manis sudah digunakan sebagai salah satu peningkat rasa dan aroma pada makanan sejak ribuan tahun lalu. Ilmu pengetahuan modern membuktikan bahwa kayu manis mengandung zat antioksidan, antibakteri dan eugenol. Sehingga kayu manis sangat efektif untuk mengurangi bau mulut. Karena sifat antibakteri pada kayu manis bisa mengurangi bakteri yang menyebabkan bau mulut. Sedangkan eugeno bisa sebagai aromatik untuk menyegarkan bau mulut.

Cara menggunakan ramuan kayu manis sangat mudah yaitu  dengan merebus dua gulung kulit kayu manis dengan air secukupnya. Biarkan dingin sebelum digunakan sebagai obat kumur.

Kapulaga
Kapulaga banyak digunakan di negara kita sebagai campuran makanan meskipun sebenarnya kapulaga sendiri berasal dari daerah Asia Selatan. Kapulaga mengandung antibakteri dan memiliki aroma yang khas karena memiliki kandungan minyak esensial dan beberapa zat antara lain borneol yang beraoma mirip kamper, limonen dan alfa terpinen yang beraroma sitrun, dan sineol yang beraroma pedas.

Untuk membuat obat kumur dari kapulaga cukup mudah yaitu dengan menghaluskan terlebih dahulu biji kapulaga kering kemudian merebus dengan air hingga mendidih. Saring air rebusannya dan gunakan sebagai obat kumur setelah dingin.

Garam
Garam sangat terkenal sebagai zat antibakteri. Ini sudah sudah terbukti selama ribuan tahun. karena pengawetan ikan dan bahan makanan banyak menggunakan garam. Kandungan antibakteri dalam garam ini bisa mengurangi aktifitas antibakteri yang menyebabkan bau mulut. Cukup dengan melarutkan satu sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat untuk digunakan sebagai obat kumur.

Mentimun
Mentimun memiliki zat phytochemical yang mengurangi bakteri yang menyebabkan bau mulut. Cara menggunakannya sangat mudah yaitu cukup dengan mengunyah potongan mentimun. Selain adanya zat antibakteri kadar air yang yang tinggi bisa melembabkan rongga mulut.

Daun Mint
Daun Mint selain mempunyai aroma yang segar juga memiliki zat antibakteri. Untuk membuat obat kumur dari daun mint cukup dengan merebus 10-15 daun mint. Gunakan air rebusan daun mint sebagai obat kumur.

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 4 =